Artikel

Nyeri Panggul Saat Hamil

3 April 2017

Nyeri Panggul Saat HamilNyeri Panggul Saat Hamil

Nyeri Panggul saat Hamil  (Syimphisis Pubis Disfunction)

(dr.Yuli Suciati, Sp.KFR -> spesialis kedokteran kebidanan rehabilitasi)

Kasus yang paling menantang dan paling sering ditemui saat kehamilan adalah nyeri panggul atau yang bahasa medisnya SPD (Syimphisis Pubis Disfunction ) yaitu adanya pemisahan dari kedua tulang kemaluan atau tulang pubis, yang menyebabkan ibu merasa sangat nyeri dan susah untuk berjalan. Biasanya dokter rehab medik memberikan tatalaksana obat2an yang minimal karena ibu hamil sangat dipertimbangkan dalam mengkonsumsi obat, dan akan dilakukan terapi manual, terapi fisik, misalkan pelatihan penguatan otot dasar panggul dan latihan penguatan otot batang tubuh. Untuk latihan otot dasar panggul, akan dibantu beberapa alat yang dapat mengukur otot dasar panggul ibu tersebut dan melatih kontraksi otot dasar panggul ibu bergerak apa tidak.

Kemudian kasus lain adalah kasus cedera multiple atau kasus struk dengan gangguan bicara bahasa tidak bisa bicara atau dengan gangguan menelan atau bisa menelan tetapi selalu tersedak, atau struk dengan gangguan jalan pincang. Mulai awal terdiagnosis, akan dilakuakn tata laksana dari awal contohnya melakukan pencegahan agar jalannya tidak miring sebelah atau tidak pengkor sebelah. Atau untuk pasien dengan multi trauma misal kecelakaan usia muda lalu mengalami patah tulang di tangan namun kemudian sudah dilakukan operasi dengan dokter bedah tulangnya tetapi nantinya akan dikonsulkan juga dengan dokter remed bagaimana fungsi tangan bisa normal kembali atau bisa mendekati normal setelah dilakukan operasi tersebut. Untuk pasien muda biasanya dilakukan terapi yg lebih agresif.

Wah Moms masih ada kasus-kasus menarik yang lain mengenai sakit panggul, untuk lebih lengkapnya Yuk Cek di Youtube Channel AMS ini  J https://www.youtube.com/watch?v=6mXdX3NQSHM

 

Lihat artikel lainnya...»