Artikel

Flek Saat Kehamilan

22 March 2017

Flek Saat KehamilanFlek Saat Kehamilan

(by dr.Regintha Bachtum,SpOG)

Hamil muda memang cukup rawan gangguan kesehatan apalagi pada kehamilan pertama. Selain mual muntah, salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil muda adalah timbulnya flek atau pendarahan di celana. Selama hamil, sebaiknya tidak mengalami flek atau berdarah. Namun jika terjadi, maka segera periksakan ke dokter. Periksa ke dokter lebih awal dapat menentukan apa penyebab flek tersebut, bisa karena ada sesuatu dari bayinya atau infeksi dari dalam rahim atau di mulut rahim (misalnya peradangan sehingga jika terkena trauma sedikit mudah berdarah). Jika penyebabnya lebih awal diketahui maka dapat meminimalisir kepanikan, misalnya terjadi infeksi tetapi setelah diperiksa ternyata janinya baik-baik saja dan dapat segera ditangani. Intinya selama kehamilan jangan ada flek/pendarahan, flek pink, cokelat atau merah harus segera diketahui darimana penyebabnya. Karena yang ditakutkan jika terjadi sesuatu dengan bayinya, misalnya saat hamil muda menimbulkan keguguran.

Keguguran sendiri ternyata ada tahapannya, tidak setelah keluar flek atau berdarah langsung keguguran, maka dari itu ada istilah abortus mengancam. Kalau dilihat ada flek sebaiknya langsung segera diperiksa karena ibu tidak pernah tau kondisi kehamilan yang sedang dijalani dalam kondisi keguguran mengancam atau keguguran yang sedang berlangsung atau keguguran yang tanpa disadari bayinya sudah mau lahir. Jika ternyata mengancam maka dapat segera dicegah agar tidak terjadi keguguran spontan….

Moms ternyata ada hubungannya loh infeksi pada gigi dan sering menahan pipis dengan flek saat kehamilan . Mau tau jawabannya? Yuk cek Channel Youtube AMS di link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=-7L2pFBr8Wo  

Lihat artikel lainnya...»