Artikel

10 makanan sehat untuk bayi murah bermanfaat

25 July 2015

10 makanan sehat untuk bayi murah bermanfaat10 makanan sehat untuk bayi murah bermanfaat

Saat ini sudah tersedia sangat banyak makanan sehat untuk bayi yang di jual di supermarket, namun sebagian makanan sehat untuk bayi kadang-kadang telah dalam paket atau sudah di dalam kemasan dan biasanya harganya akan lebih mahal.

Jika bayi Anda usianya 6 bulan atau lebih, berarti saat yang pas untuk mengenalkan makanan bayi sehat untuk si buah hati. Beberapa orang tua yang kurang mampu dan tidak pintar dalam menyediakan makanan bayi dapat mengakibatkan si kecil melakukan tindakan mogok makan jika anak-anak usianya sudah lebih besar.

Mogok makan oleh bayi atau anak di sebabkan karena bayi ingin makan makanan yang bervariasi setiap hari dan bosan dengan satu jenis makanan tertentu. Banyak orangtua yang terperanjat lantaran bayi mereka betul-betul menikmati makanan baru yang di sajikan, baik dari gigitan pertama hingga makanan habis. Jika makanan itu di coba oleh orang dewasa memang tidak ada istimewanya tetapi berbeda dengan selera bayi.

Di bawah ini adalah sepuluh makanan sehat untuk bayi Anda yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Sesudah mengenalkan makanan baru, tunggulah tiga hari sebelum mengenalkan makanan baru selanjutnya untuk mengidentifikasi reaksi alergi yang bisa saja terjadi. Bila bayi Anda baru saja makan makanan padat, menggiling atau menghaluskan makanan adalah pilihan terbaik.

  1. Labu
    Labu adalah sumber yang benar-benar baik dari vitamin A serta C, dengan cara alami manis serta tektur lembut dan bayi akan sangat menyukainya. Jangan gunakan bumbu layaknya orang dewasa karena bayi sangat menyukai rasa yang alami.

  2. Lentil
    Lentil penuh dengan protein serta serat, benar-benar sarat dengan gizi. Lentil adalah satu diantara makanan sehat untuk bayi termurah yang bisa Anda beli di pasar tradisional.

  3. Sayuran berdaun hijau tua
    Sayuran hijau benar-benar tinggi zat besi serta folat yang sangat bagus untuk kombinasi makanan bayi. Bayam barangkali yang paling di kenal dari Ibu-ibu Indonesia, terdapat beberapa varietas lain misalnya saja kale, lobak serta collard hijau.
    Panduan mamasak : Uapi serta haluskan sayuran hijau, lalu campur dengan sereal yang kaya vitamin dan zat besi juga untuk di berikan kepada bayi Anda yang berarti dosis ganda dari zat besi yang sangat baik.

  4. Brokoli
    Penuh dengan folat, serat serta kalsium, brokoli juga di kenal dapat untuk melawan kanker. Serta karena senyawa sulfur brokoli mempunyai rasa yang unik yang bisa menolong memperluas selera bayi Anda.
    Cara memasak : Di masak dengan di kusus hingga sangat lembut atau bisa juga di tambah di blender, lalu dinginkan. Brokoli dingin terkadang tambah baik di terima oleh bayi. Hal ini dapat juga menenangkan waktu bayi tumbuh gigi.

  5. Bluberi
    Biru cemerlang buah ini dari zat flavonoid yang atau yang di sebut dengan anthocyanin, yang baik untuk mata bayi Anda, otak serta juga saluran kemih bayi.
    Cara mamasak sederhana : Di anjurkan membuat sup blueberry dengan mencampur 1 cangkir blueberry dengan seperempat cangkir air dalam mangkok, microwave sepanjang satu menit serta biarlah dingin. Sangat mudah kan?

  6. Alpukat
    Alpukat adalah sumber yang kaya lemak tidak jenuh. Juga komposisi lemak agak serupa dengan ASI. Lemak tidak jenuh yaitu jenis lemak yang baik serta bayi memerlukannya untuk perubahan dan perkembangan otak.
    Cara mamasak : Coba memadukan alpukat tumbuk dengan makanan lain seperti cream keju, apel atau ikan kalengan. Saat anak Anda bermain waktunya mengenalkan makanan baru yang akan di sukai bayi.

  7. Daging
    Banyak dari kita tak memikirkan daging untuk makanan sehat bayi, itu lantaran Anda barangkali belum tahu. Daging adalah sumber seng serta zat besi.
    Inspirasi mamasak daging untuk bayi : Masak rebus biar empuk serta memberikan beragam sayuran serta bumbu seperti jahe serta peterseli. Anda harus memasak rebusan cukup lama untuk daging agar merubah jadi daging yang lembut serta nikmat untuk makanan sehat bayi Anda.

  8. Plum
    Plum mempunyai banyak serat serta bisa menolong dan mengatasi bayi yang sembelit. Bayi Anda bisa saja mengalami sembelit sesudah Anda mengenalkan makanan padat dan plum bisa menjadi solusi alami.
    Inspirasi mamasak : plum Haluskan serta dapat segera atau digabung dengan makanan lain seperti sereal atau saus apel untuk membuat manis alami. Bila bayi Anda benar-benar sembelit kami merekomendasikan memberikan satu sendok teh plum di lembutkan di tambah susu formula atau ASI.

  9. Kacang garbanzo
    Seperti lentil serta kacang-kacangan yang lain garbanzos kaya protein serta serat. kacang garbanzo juga murah serta serbaguna.
    Inspirasi menghidangkan : Anda bisa menemukannya di banyak toko kelontong atau bikin sendiri di rumah dengan dimasak dengan bawang putih, lemon, minyak zaitun serta tahini. Anda bisa juga membuat makanan lezat dengan menumis atau memanggangnya.

  10. Jeruk mandarin
    Tinggi vitamin C serta antioksidan, jeruk mandarin termasuk makanan bayi sehat yang benar-benar sangat bagus. Bayi akan sangat menyukainya.
    Inspirasi menghidangkan untuk bayi : Jeruk mandarin satu diantara makananbayi sehat yang benar-benar gampang untuk mempersiapkannya cuma memotong jadi potongan-potongan kecil serta hidangkan. Anda bisa beli jeruk mandarin fresh atau kalengan, namun yakinkan bila beli kalengan dikemas dalam air bukan hanya sirup yang diisi penambahan gula.

Semoga dengan artikel ini anda terbantu dan mempunyai inspirasi makanan sehat untuk bayi yang lainnya.

Lihat artikel lainnya...»