Artikel

Dear Bunda, Anak Stunting (pendek) Bukan Semata karena Gen/Turunan Tetapi Faktor Kekurangan Gizi

18 September 2017

Dear Bunda, Anak Stunting (pendek) Bukan Semata karena Gen/Turunan Tetapi Faktor Kekurangan GiziDear Bunda, Anak Stunting (pendek) Bukan Semata karena Gen/Turunan Tetapi Faktor Kekurangan Gizi

 

 

Masa balita termasuk dalam periode emas untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Nutrisi yang baik dan seimbang berdampak pada pertumbuhan fisik serta  perkembangan otak.  Pemberian nutrisi yang kurang atau buruk di 1000 hari pertama kehidupannya dapat berdampak pada konsekuensi yang ireversibel, yaitu kondisi dimana ia mengalami pertumbuhan terhambat atau stunting.

 

Stunting adalah masalah gizi yang cukup signifikan terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Masalah ini mempengaruhi sekitar 162 juta balita di seluruh dunia, dan 8 juta balita di Indonesia (Riskedas 2013). Terdapat satu dari empat orang anak balita mengalami stunting. Meski faktor gen (genetik/turunan) memang mempengaruhi stunting, persentasinya sangat kecil hanya 5%. Selebihnya karena faktor asupan gizi, pola asuh anak dan kondisi sanitasi lingkungannya.

 

Keadaan stunting atau balita bertubuh pendek merupakan indikator masalah gizi dari keadaan yang berlangsung lama. Seperti masalah kemiskinan, perilaku hidup tidak sehat, pola asuh, dan pemberian asupan makanan yang kurang baik dari sejak si Kecil lahir. Akibatnya, si Kecil tidak tumbuh sesuai dengan indikator tinggi badan yang ideal sesuai usianya.

 

Balita stunting, selain mengalami gangguan pertumbuhan, umumnya memiliki kecerdasan yang lebih rendah dari anak balita normal. Selain itu, anak balita stunting lebih mudah menderita penyakit tidak menular ketika dewasa dan memiliki produktifitas kerja yang lebih rendah. Dengan menanggulangi stunting pada si Kecil sejak dini, Ibu turut meningkatkan kualitas hidupnya di masa depan.

 

 

 

Ciri- Ciri Anak Stunting

 

·         Anak yang stunting, lebih pendiam, tidak banyak melakukan eye-contact dibandingkan dengan anak tidak stunting jika ditempatkan dalam situasi penuh tekanan.

 

·         Menampilkan performa yang buruk pada tes perhatian dan memori belajar, tetapi masih baik dalam koordinasi dan kecepatan gerak.

 

·         Pertumbuhan melambat, batas bawah kecepatan tumbuh adalah 5cm/tahun decimal

 

·         Tanda tanda pubertas terlambat (payudara, menarche, rambut pubis, rambut ketiak, panjangnya testis dan volume testis)

 

·         Wajah tampak lebih muda dari umurnya

 

·         Pertumbuhan gigi yang terlambat

 

Lihat artikel lainnya...»