Artikel

Perubahan-perubahan Paling Menyenangkan yang Dirasakan Wanita Saat Hamil

21 August 2017

Perubahan-perubahan Paling Menyenangkan yang Dirasakan Wanita Saat HamilPerubahan-perubahan Paling Menyenangkan yang Dirasakan Wanita Saat Hamil

Perubahan-perubahan Paling Menyenangkan yang Dirasakan Wanita Saat Hamil

Hallo Bunda,

Pernah ngga sih Bun kangen masa-masa hamil?Kira-kira apa nih yang paling bikin kangen pada saat hamil? Saat hamil pasti Bunda mengalami banyak perubahan yang dialami, ada yang menyakitkan namun banyak pla perubahan yang menyenangkan. Sejumlah perubahan yang paling menyenangkan saat Hamil tentunya menjadi salah satu pengalaman indah yang selalu diingat dan tak bisa terlupakan oleh seorang ibu

Apa ajasih perubahan enyenangkan yang akan dirasakan wanita pada saat hamil, yuk kita simak bersama :

1.      Dihujani Banyak Perhatian

Tak cuma dari suami, semua orang di sekitar menghujani Bunda dengan perhatian. Di angkutan umum, Bunda bisa duduk di kursi prioritas. Dipersilakan naik dan turun lebih dulu. Di kantor, rekan-rekan tak membiarkan Bunda bekerja terlalu larut. Terlebih di rumah, perhatian dari keluarga sangat luar biasa. Apa yang kita inginkan selalu dipenuhi. Apa yang kita kerjakan selalu dibantu. Meski sebenarnya kita merasa sehat-sehat saja dan bisa melakukan banyak hal dengan normal, tak apalah Bunda, nikmati saja semua curahan perhatian ini dari orang-orang tercinta!

2.      Tidak pernah Kesepian/Ada yang menendang-nendang di Dalam Perut

Tentu saja, karena ada si janin yang selalu menemani Bunda, ke mana pun Bunda pergi! Bunda bisa mengajaknya bicara, dan biasanya di usia kehamilan 19 minggu janin sudah bisa merespon dengan tendangan-tendangan kecil. Sepertinya semua ibu hamil sepakat ya kalau hal paling indah dan tak terlupakan adalah saat si kecil menendang-nendang perut kita.

dr Hari Nugroho SpOG beberapa waktu lalu menuturkan gerak janin di kandungan sangat aktif bila lingkungan sekitarnya terlalu gaduh, misalnya saat ibu makan. "Hal ini terjadi kemungkinan karena janin tersebut bangun karena suara pergerakan usus akibat adanya makanan yang masuk ke dalam usus ibu," ucap dr Hari. Sering juga janin merespon sentuhan dari luar. Jadi kalau kita elus dan menekan lembut salah satu sisi perut, biasanya janin akan membalas dengan gerakan semacam menendang.

3.      Payudara lebih berisi

Saat hamil, wajar banget ya kalau ukuran payudaran jadi meningkat. Biasanya pembesaran terjadi sejak awal-awal masa kehamilan. Meskipun bisa saja ibu baru merasakan ada perubahan pada payudaranya, misalnya ukuran payudara bertambah dan bra terasa sesak ketika usia kehamilan menginjak beberapa bulan. Penambahan ukurannya pun bervariasi baik satu nomor, dua nomor, atau bahkan empat nomor. Perubahan ini terjadi karena tubuh kita sedang mempersiapkan diri untuk menyusui bayi yang akan dilahirkan

4.      Pregnancy glow

Pregnancy glow atau wajah lebih bersinar memang benar dialami wanita pada saat masa kehamilan. Faktanya selama hamil, terjadi peningkatan volume darah dalam tubuh kita serta produksi hormon HcG (Human chorionic gonadotropin) dan hormon progesterone yang membuat kulit bersinar dengan semburat kemerahan yang membuat wajah ibu hamil terkesan segar, tampak lebih bercahaya dan berseri. perubahan hormon selama kehamilan juga dapat mengubah kemampuan kulit dalam memproduksi minyak. Hal ini juga diyakini turut berperan membuat kulit ibu hamil menjadi lebih bercahaya.

5.      Rambut lebat

Tak cuma kulit yang jadi semakin indah, saat wanita hamil rambut pun terlihat semakin berkilau dan lebat. Hormon estrogen yang meningkat semasa hamil membuat rambut dalam fase “istirahat” sehingga siklus rontoknya semakin lama. Sebaliknya, tumbuh helaian-helaian rambut baru yang kian mengesankan rambut tebal, rambut rontok bukan masalah lagi. Asupan makanan yang bergizi selama hamil dan volume darah yang meningkat, membuat aliran nutrisi ke rambut semakin lancar sehingga rambut pun sehat berkilau.

6.      Tidak khawatir dibilang “Gemukan”

Nah biasanya para wanita paling takut kalau dibilang Gemukan, namun satu hal yang indah saat hamil adalah ketika pakai baju tertentu dan dibilang gemukan nggak bakal sedih karena memang wajar saat hamil para ibu mengalami kenaikan berat badan.
Karena baby dalam kandungan pun ikut membesar dan berkontribusi pada kenaikan berat badan saat hamil. Tidak cuma itu, ada lapisan lemak yang mengendap di beberapa bagian tubuh seperti payudara, bokong dan lengan.

dr Verawati S., SpGK dari RS Kemang Medical Care (KMC), dikutip dari detikHealth, menjelaskan total pertambahan berat badan selama hamil adalah 10-12 kg. Namun untuk yang berat badannya kurang sebelum hamil, mereka harus kejar kekurangannya, jadi dianjurkan naik 12,5-18 kg. Sementara yang bobotnya agak berlebih, dianjurkan naik 7-11,5kg.

 

Hayooo Bunda, siapa yang jadi kangen hamil :D                          #Memobayi   #AplikasiTumbuhKembangAnak   #CintaGenerasiPenerus

Lihat artikel lainnya...»