Artikel

Langkah Mencegah Kemandulan Pada Wanita Sejak Dini Yang Wajib Dilakukan

31 July 2017

Langkah Mencegah Kemandulan Pada Wanita Sejak Dini Yang Wajib DilakukanLangkah Mencegah Kemandulan Pada Wanita Sejak Dini Yang Wajib Dilakukan

Pencegahan sejak dini sangat berpengaruh untuk mencegah munculnya factor-faktor penyebab kemandulan/infertilitas. Adapun pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya, :

1.    Edukasi reproduksi sejak dini. Kurangnya pengetahuan khususnya para remaja wanita inilah yang menyebabkan timbul masalah-masalah infertilitas. Karena mereka tidak tahu faktor penyebab atau bagaimana cara mencegahnya.

2.    Menjaga kebersihan organ intim kewanitaan seperti rajin membersihkannya dengan air bersih dari arah depan ke belakang dan mengeringkan organ intim kewanitaan setelah buang air kecil/besar agar kelembapan terjaga.

3.    Hindari penggunaan pembalut yang berparfum untuk antisipasi alergi.

4.    Rajin mengganti celana dalam. Jika sibuk usahakan selalu membawa celana dalam di tas.

5.    Memakai celana dalam berbahan katun, untuk menjaga kelembapan organ intim kewanitaan sehingga jamur tidak berkembang biak.

6.    Hindari makanan-makanan cepat saji, makanan yang mengandung bahan penyedap rasa tambahan dan bahan imia lainnya. Utamakan memakan makanan yang mengandung vitamin kesuburan seperti vitamin E.

7.    Perlu menjaga berat badan. Berat badan yang berlebihan dapat menjadi salah satu penghambat untuk memiliki keturunan.

8.    Jangan melakukan hubungan seksual di usia muda, sebab seks yang dilakukan terlalu dini dapat memperbesar resiko terkena kanker leher rahim hingga dua kali lipat.

Lihat artikel lainnya...»