Artikel

Ternyata kebiasaan spele ini dapat menyebabkan kemandulan/infertilitas.

31 July 2017

Ternyata kebiasaan spele ini dapat menyebabkan kemandulan/infertilitas.Ternyata kebiasaan spele ini dapat menyebabkan kemandulan/infertilitas.

Infertilitas atau kemandulan adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pasangan yang belum mempunyai anak walaupun sudah berhubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi dalam kurun waktu satu tahun

Infertilitas itu sendiri ada 2 jenis yaitu:

  • Infertil primer yaitu masalah ketidaksuburan yang terjadi pada wanita yang memang belum pernah hamil
  • Infertil sekunder yaitu masalah ketidaksuburan yang juga terjadi pada wanita namun sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya namun sulit mendapatkan keturunan setelahnya.

Sebenarnya apasih faktor penyebab infertilitas ini? Banyak kalangan di masyarakat yang masih menyalahkan pihak perempuanlah penyebab ketidakmampuan pasangan memilliki keturunan, padahal infertilitas juga dapat terjadi pada pria. Namun memang berdasarkan sebuah penelitian, masalah infertilitas 50% akibat wanita 40% pria dan 10% akibat keduanya. Lalu apa yang bisa menyebabkan pria atau wanita itu infertile atau mandul?

 

Simak contoh kasus nyata berikut ini :

dr.Achmad Mediana, SpOG, pernah menatarkan bahwa ada pasangan suami istri yang sudah setahun menikah namun belum memiliki anak padahal mereka rajin berhubungan suami istri. Saat dilakukan pemeriksaan hsg atau pemeriksaan saluran telur, setelah di rontgen ternyata baru kelihatan bahwa saluran telurnya buntu atau ada sumbatan. Padahal untuk proses saluran telur tersebut sampai bisa buntu membutuhkan waktu 2-3 tahun bisa dikarenakan infeksi yang tidak tau kapan terjadi dan tidak bisa dideteksi, si bu jika ditanya juga merasa tidak pernah merasakan apa-apa hanya sering keputihan. Mereka menikah baru satu tahun, dapat disimpulkan proses penyumbatan saluran telur sudah terjadi dari si ibu belum menikah.

Saat ditanya lebih lanjut ibu dalam waktu 12 jam berapa kali ibu mengganti celana dalamnya? jawabannya yaa saat pulang kerja saja dok, kan tidak sempa atau sibuk. Nah ternyata hal tersebutlah yang bisa menjadi salah satu penyebab mengapa terjadi infeksi dan sampai menyebabkan saluran telur si ibu buntu. 

 

Kebiasaan sehari-hari yang dianggap sepele ternyata dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya yaitu kebiasaan mengganti celana dalam. Banyak orang yang bersikap tak acuh dan menganggap remeh kebiasaan mengganti celana dalam yang digunakannya. Banyak orang yang mengabaikan kebiasaan ini karena celana dalam nyatanya tidak terlihat mata sehingga tidak dipandang orang. Bagi anda yang jarang mengganti celana dalam, sebaiknya mulai rubah kebiasaan anda tersebut. Kenapa? Karena celana dalam yang tidak diganti akan menjadi arena subur bagi bakteri dan kuman untuk hidup didalamnya serta penyebab infeksi. Terlebih kemunculan infeksi seringkali tidak disadari, akibatnya bila terlambat mendapatkan terapi, dampak yang ditimbulkan bisa lebih buruk sampai dapat mengakibatkan kemandulan, terutama yang menyerang saluran telur.

Lihat artikel lainnya...»