Artikel

Mengenal Tumbuh Kembang Anak Balita

31 July 2017

Mengenal Tumbuh Kembang Anak BalitaMengenal Tumbuh Kembang Anak Balita

Apa sih tumbuh kembang anak balita itu? Usia 0 – 6 tahun merupakan masa-masa emas atau “golden age”, dimana otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Pada usia ini anak memiliki kemampuan untuk menyerap informasi 100%, dan otak anak berfungsi sangat baik. Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi cerdas tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa kecerdasan itu dapat dibentuk sejak bayi.

Tumbuh itu sendiri berarti bertambahnya ukuran tubuh dan dapat diukur dengan ukuran berat. Seperti misalnya tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, lingkar lengan dan lain-lain. Agar anak dapat tumbuh dengan baik, anak memerlukan asupan zat gizi, terutama karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral.

Sementara kembang itu sendiri berarti bertambahnya kemampuan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan sebagai hasil dari proses pematangan, contohnya pematangan fungsi organ pendengaran, penglihatan, motorik halus dan kasar, bertmbahnya kemampuan bicara seperti kata, kalimat, dan sebagainya.

Untuk perkembangan anak diperlukan zat gizi, stimulasi dan imunisasi. Stimulasi paling utama dilakukan dirumah oleh orang tua, selain itu anak akan mendapat dari sekolah dan lingkungannya.

Ada standarisasi tumbuh kembang menurut WHO atau yang disebut Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) pada setiap usia anak balita sampai 72 bulan/6 tahun, dimana dengan standarisasi tersebut para orang tua dapat memantau apakah tubuh kembang anaknya sudah sesuai dengan usianaya atau belum seperti contohnya bayi usia 3 bulan apakah anak sudah bisa telentang, sudah bisa menatap wajah orangtua dan sebagainya.

 

 

Lihat artikel lainnya...»